Tugas Refleksi Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaan



Selama satu semester ini (Semester3) saya telah menerima mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Awalnya
saya tidak tertarik dengan mata kuliah tersebut karena pasti mata kuliah ini berhubungan dengan belajar,
belajar dan belajar. tetapi karena dosen yang membimbing yaitu bu.Cathrine, akhirnya pun saya tertarik
untuk selalu mengikuti mata kuliah tersebut walaupun sesekali pernah merasa bosan karena mata kuliah ini
hanya teori, dan teori saja.
Pada pertemuan kira-kira minggu ke-4 sebelum UTS saya mendapat tugas individu yakni tugas bacaan. Meringkas apa yang telah kami baca pada bacaan yg ibu cathrine berikan, bacaan tersebut tidaklah sedikit cukup menguras otak dan waktu saya untuk membacanya berulang-ulang hingga saya benar-benar paham, meskipun tidak semuanya saya pahami. sedikit ulasan tugas bacaan 1 hingga 5 tersebut yakni tentang Konsep belajar menurut para tokoh seperti Skinner, Gagne, Piaget, dsb. Adapula Teori-teori Belajar yakni Teori Operant Conditioning dari B.F Skinner, Teori Conditioning Of Learning dari Robert Gagne, Ciri-ciri belajar, Jenis-jenis belajar, Konsep Pembelajaran, Tujuan Belajar dan Pembelajaran, Teori Belajar Behavioristik dan Perkembangan Teori Belajar Behavioristik seperti Teori Classical Conditioning dari Pavlov, Teori Behaviorism dari Watson,dsb.
Setelah UTS pun kami mendapat tugas kembali yakni tugas kelompok dengan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, materi yang diberikan berbeda tiap kelompok. Masing kelompok ditugaskan untuk secara penuh menjelaskan materi apa yang telah diterima namun jujur, saya dan kelompok saya kurang memahami materi tersebut, hingga akhirnya presentasi berjalan kurang maksimal, tetapi kami di bantu oleh dosen kami yang penyabar yaitu ibu.cathrine untuk menjelaskan materi tersebut yakni tentang Perkembangan Teori Belajar Behavioristik.
Hingga UAS pun tiba maka tugas refleksi ini pun saya terima, mata kuliah ini sangat bersahabat sekali rupanya dengan tugas-tugas individu maupun kelompok, dari tugas bacaan hingga diskusi kelompok. Saya fikir-fikir bu.catrine pasti punya maksud dan tujuan kenapa mahasiswanya selalu rutin diberikan tugas-tugas. Ya jelas, saya merasakanya sendiri, saat bosan dengan mata kuliah ini mau tidak mau saya harus menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan baik. mau tidak mau saya harus berjibaku dengan materi-materi yang berhubungan dengan teori perkembangan kognitif, behavioristik, dll. Berharap bertemu kembali dengan ibu cathrine di semester 4, tetapi saya harap pula dengan mata kuliah yang lebih menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa. "Bu Cathrine kan bundanya anak-anak di kelas,sering traktir kita makan, tapi jangan lupa kasih nilai bagus juga ya buu buat UASnya (hehee. *modus)

1 komentar:

 

Total Pageviews

Visitor

Followers

Translate

About me

Fashiolista