Selama satu semester ini (Semester3) saya telah menerima
mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Awalnya
saya tidak tertarik dengan mata
kuliah tersebut karena pasti mata kuliah ini berhubungan dengan belajar,
belajar dan belajar. tetapi karena dosen yang membimbing yaitu bu.Cathrine,
akhirnya pun saya tertarik
untuk selalu mengikuti mata kuliah tersebut walaupun
sesekali pernah merasa bosan karena mata kuliah ini
hanya teori, dan teori
saja.
Pada pertemuan kira-kira minggu ke-4 sebelum UTS saya
mendapat tugas individu yakni tugas bacaan. Meringkas apa yang telah kami baca
pada bacaan yg ibu cathrine berikan, bacaan tersebut tidaklah sedikit cukup
menguras otak dan waktu saya untuk membacanya berulang-ulang hingga saya
benar-benar paham, meskipun tidak semuanya saya pahami. sedikit ulasan tugas
bacaan 1 hingga 5 tersebut yakni tentang Konsep
belajar menurut para tokoh seperti Skinner,
Gagne, Piaget, dsb. Adapula Teori-teori Belajar yakni Teori Operant Conditioning dari B.F Skinner, Teori Conditioning Of
Learning dari Robert Gagne, Ciri-ciri
belajar, Jenis-jenis belajar, Konsep
Pembelajaran, Tujuan Belajar dan
Pembelajaran, Teori Belajar Behavioristik dan Perkembangan Teori Belajar
Behavioristik seperti Teori Classical Conditioning dari Pavlov, Teori Behaviorism dari Watson,dsb.
Setelah UTS pun kami mendapat tugas kembali yakni tugas
kelompok dengan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, materi yang diberikan
berbeda tiap kelompok. Masing kelompok ditugaskan untuk secara penuh
menjelaskan materi apa yang telah diterima namun jujur, saya dan kelompok saya
kurang memahami materi tersebut, hingga akhirnya presentasi berjalan kurang
maksimal, tetapi kami di bantu oleh dosen kami yang penyabar yaitu ibu.cathrine
untuk menjelaskan materi tersebut yakni tentang Perkembangan Teori Belajar
Behavioristik.
Hingga UAS pun tiba maka tugas refleksi ini pun saya terima,
mata kuliah ini sangat bersahabat sekali rupanya dengan tugas-tugas individu
maupun kelompok, dari tugas bacaan hingga diskusi kelompok. Saya fikir-fikir
bu.catrine pasti punya maksud dan tujuan kenapa mahasiswanya selalu rutin
diberikan tugas-tugas. Ya jelas, saya merasakanya sendiri, saat bosan dengan
mata kuliah ini mau tidak mau saya harus menyelesaikan tugas-tugas tersebut
dengan baik. mau tidak mau saya harus berjibaku dengan materi-materi yang
berhubungan dengan teori perkembangan kognitif, behavioristik, dll. Berharap
bertemu kembali dengan ibu cathrine di semester 4, tetapi saya harap pula
dengan mata kuliah yang lebih menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa. "Bu Cathrine kan bundanya anak-anak di kelas,sering traktir kita makan, tapi jangan lupa kasih nilai bagus juga ya buu buat UASnya (hehee. *modus)
jurusan apa nih sis?
BalasHapus